Coaching Human Capital yang modalitasnya type Visual, Auditory dan Kinaestetic

Coaching Human Capital yang modalitasnya type Visual, Auditory dan Kinaestetic

By   Admin  |   803 views 24 September 2017 at 20:01 WIB

Bagaimana caranya mengetahui Anda seorang type Visual, Auditory dan Kinaestetic ?

Bila Anda seorang yang sedang ke pameran mobil hendak melihat atau punya keinginan untuk membeli (dalam tahap memilih mobil ). Bila anda hanya baru melihat dari brosur-brosurnya dan melihat tampilan fisik saja. Anda type seorang Visual. kalo Anda meminta keterangan product knowledge kelebihan dan kekurangan mobilnya. Anda seorang type Auditory. Kalo Anda mencoba dan duduk di kemudinya merasakan sensasi mobilnya, menyalakan, kalo dapat test drive mobilnya. anda seorang type Kinaestetic.

Dengan mengetahui type orang dari modalitasnya,sebagai seorang atasan dapat mengcoaching anak buahnya (sub ordinate) dengan lebih efektif dan efisien.Anda dapat mengarahkan dan memberi petunjuk sesuai dengan type modalitasnya.

Sebagai contoh: untuk yg type Visual, anda tidak perlu memberi keterangan dengan voice yang dianggap bertele-tele dan tidak diperhatikan. Cukup dengan lembar instruksi yang detil diberikan gambar yg terinci,keinginan atau goals yg hendak dicapai. Kalo mereka kurang jelas,mereka akan bertanya.

Bagaimana dengan yg auditory ? Untuk yang auditory harus diberikan keterangan penjelasan dengan kata-kata yg terinci. karena instruksi yg visual mereka tidak tertarik.

Terus untuk yg type kinaestetic gimana ? untuk type Kinaestestic,mereka harus diberikan trial biar mereka merasakan detilnya atau saran goalnya yg hendak dicapai.

Dengan mengetahui modalitas type mereka, dengan mudah seorang atasan dapat meningkatkan efektivitas team untuk mencapai Goals/sasaran yang hendak dituju.

Bagaimana menurut anda ?